Monday 24 August 2009

question and answer of die and life

gue rasa semua blogger kadang punya masalah yang sama kayak gue.
dilema. menentukan topik apa yang bakal ditulis.
hmmfh, akhirnya setelah ketemu laptop dan internet nganggur gue mencoba untuk mempublishnya.
pertanyaan yang akhir akhir ini selalu berputar putar dikepala gue.
bukan berarti gue ga pernah mikirin ini dan baru kali ini terfikir.
hanya aja, kali ini bener bener membuat gue harus berfikir dan memikirkan.
QUESTION :
kalo ntar gue mati, siapa ya yang bakal dateng ?
QUESTION :
kalo gue mati, siapa ya yang bakal menangisi gue ?
QUESTION :
kalo ntar gue mati, dengan cara apa ya gue mati ?
QUESTION :
kalo ntar gue mati, gue ntar dikubur dimana ?
QUESTION :
kalo ntar gue mati, apa yang harus gue bawa ?

and the ANSWER :
siapa yang bakal dateng ? gue pernah menanyakan ini ke x-friends gue. dia bilang. gue pasti dateng,yu . pasti.
tapi, dengan keadaan seperti ini, apa dia masih akan tetap dateng, membacakan gue yassin dan menghantarkan gue ke peristirahatan gue terakhir ?
gue enggak tau.

and the ANSWER :
siapa yang bakal menangisi gue ? mungkin nyokap, bokap, tante tante gue, kakak adek gue, keluarga gue. MUNGKIN.
gue juga enggak tau.

and the ANSWER :
gue mati dengan cara apa ? jujur, gue selama ini pasti selalu berfikir, udah berkali kali gue sakit. apa mungkin ntar gue juga mati dengan cara yang sama ? atau dengan kebrutalan gue, gue mati karena gue brutal ? atau ketika gue sholat, gue mati ketika sholat ( AMIEEEN ). gue udah hidup 17 tahun 6 bulan. pastilah kadang gue mikir, gue juga akan mati karena masanya (read: tua). jadi masa gue mati masih lama. tapi banyak yang enggak kenyataannya. gue bisa mati kapan aja. dan jawabannya juga :
gue masih saja enggak tau.

and the ANSWER :
gue ntar dikubur dimana ? kuburan dipalembang saat ini udah rame dan menumpuk. tapi saat gue balik kampung ke Pedamaran, OKI, gue ziarah ke makam belakang rumah. disana, semua kakek buyut gue dimakamin. dan gue ngeliat ada tanah yang masih kosong ( banyak ). dan entah kenapa, gue bilang ke nyokap, gue mau investasi kuburan. gue pengen gue dikubur disitu. entahlah, nyokap juga terlihat berfikir. apakah ntar gue ntar bakalan dikubur disitu ?
gue tetap enggak tau.

and the ANSWER :
apa yang gue bawa pas gue ntar mati ? gue selalu aja mencerminkan kematian gue dengan kehidupan gue. yang gue rasa seperti judi. dan biasa biasa saja. maksud gue, misalnya dalam hal sekolah. nilai gue biasa biasa saja, dapet nilai 8, punya temen yang biasa biasa saja, hidup biasa, keluarga biasa dan lain sebagainya. tapi hidup gue selalu selamat. sedikit penderitaan dan sedikit kebahagiaan. cukup. mungkin gue rasa seperti itu juga yang bakal gue bawa mati ntar . gue cukup membawa bekal, cukup kena siksaan, cukup masuk surga. enggak kurang dan lebih. tapi apakah nantinya bakal sama dengan apa yang gue perkirakan ?
huff. lagi lagi dan lagi. gue enggak tau.

gue enggak tau tentang apapun tentang kematian.
gue enggak tau apapun.
sama seperti hidup.
gue juga enggak tau apapun.
gue hanya menjalani apa yang tersedia.
apakah setelah ini gue akan merenung ?
apakah setelah ini gue akan menjalani hidup yang lebih baik ?
paling enggak gue cukup lega.
lega untuk hal hal yang selama ini berputar putar dikepala gue,
berhasil gue posting dan publish.
walaupun cuma sedikit.
seujung kuku dari isi kepala gue

No comments: