Thursday 27 December 2012

Good bye 2012, Welcome 2013

Dewasa ini, tahun baru bukanlah sesuatu yang menarik lagi. Bukan sesuatu yang selalu ditunggu-tunggu layaknya anak kecil yang menginginkan mainan baru - at least bagi saya.
Tahun baru... Apa sih bedanya dengan tahun-tahun kemarin? Toh, malamnya kita tetap perlu tidur dan paginya tetap terjaga. Tetap melihat langit dan matahari yang sama. Berpijak pada bumi yang sama. Planet tetap berputar pada porosnya dan malam masih di payungi bintang dan bulan. Mungkin yang membedakan adalah suasana dan fenomena yang akan terjadi, ya. Seperti biasa, seingat saya di Indonesia pasti akan selalu ada infotainment yang mewawancarai paranormal kondang. Menanyakan apa yang akan terjadi di tahun 2013. Saya sendiri sejujurnya, suka mengikuti acara infotainment. Bukan suka, tetapi terpaksa, karena 70% acara di Indonesia adalah infotainment. Sangat menunjukkan bahwa rakyat Indonesia tingkat ke-kepo-annya luar biasa. Tapi itu dulu. Mungkin 3 tahun lalu, sebelum saya hijrah menggali ilmu di negara orang lain. Dulu mungkin saya selalu sebel dengan acara televisi yang itu-itu saja. Ganti channel apapun isinya tetap gosip. Saluran TV kabel memang sangat di perlukan, loh (apalagi untuk pembosan seperti saya). 

Infotainment di Indonesia, memang gencarnya mencari gosip patut di atungi jempol. Yang tidak penting saja bisa di buat menjadi 'sangat penting' loh :))
Mengenai pemberitaan fenomena yang akan terjadi di masa akan datang, biasanya saya akan mendengar dengan seksama, lalu menunggu apakah hal tersebut akan terjadi, atau tidak. Tidak percaya sih, makanya saya hanya berusaha mengingat apakah benar-benar terjadi. Toh, terjadi atau tidak terjadi, ya itu adalah kehendak ALLAH :D

Kadang saya sangat merindukan hal-hal seperti itu loh. Oh bukan kadang, tetapi sangat merindukan. Sejak beberapa tahun silam, saya tidak pernah menikmati infotainment lagi. Kecuali, saat saya kembali ke tanah air. Disini selalunyamenjelang tahun baru, saya hanya bisa berdiam diri di kamar, atau di library. Seharian penuh di depan laptop dan buku. Hanya beranjak untuk sesuatu yang sangat penting, ke toilet, sholat atau makan. University di negeri ini memang agak-agak 'kurang ajar' sih menurut saya. Teganya keterlaluan... *nangis di pojokan*

Tapi, bagaimanapun juga, saya sangat sadar apa yang sedang saya jalani adalah sesuatu yang telah saya pilih dan fikirkan dengan matang konsekuensinya. Jauh dari keluarga, jauh dari rumah, jauh dari kenikmatan kekayaan alam yang negara saya punya, jauh dari cita rasa kuliner Indonesia yang sangat merindukan, jauh dari fasilitas yang keluarga saya selama ini berikan. Begitulah, dimana saya harus bangkit dan berdiri di atas kaki sendiri. Berusaha bertahan dalam perjuangan. Supaya tidak ada pihak yang di kecewakan.

Biasanya dulu juga (saat masih sekolah), saya rajin menuliskan evaluasi dan resolusi. Bagus juga sebagai tolak ukur diri. Apa yang sudah tercapai, apa yang belum. Mana yang terealisasi, mana yang gagal. dan apakah saya hanya sekedar menulis dan bermimpi atau betul-betul ada usaha untuk mewujudkannya. Tahun demi tahun berlalu sepertinya saya mulai lupa dengan tujuan hidup saya, saya lupa dengan mimpi-mimpi saya. Baru akhir tahun 2012 ini rasanya saya mulai tersadar lagi akan arah dan tujuan saya. Telat kah?

Dalam hitungan jari, tahun 2012 ini akan segera berakhir. Saya pun tidak menyangka bahwa tahun ini akan berakhir begitu cepat. Mengingat betapa 3 tahun lalu saya sangat menantikan tahun ini (karena suatu sebab). Sangat banyak hal-hal yang telah terjadi. Hal-hal yang telah membuat saya belajar akan banyak hal.

Semoga di tahun 2013, saya bisa lebih baik. Menunaikan ibadah haji bersama keluarga, mungkin? Atau lebih giat menabung untuk bisa traveling lagi, mengunjungi belahan-belahan dunia yang belum sempat saya kunjungi, bisa menyelesaikan kuliah saya dengan segera dan GPA saya naik, mendapatkan teman-teman baru yang lebih baik (lumayan untuk koneksi kerjaan di masa depan), atau mungkin juga mendapatkan jodoh baru (HA!).

Apapun itu, apapun yang akan terjadi di masa depan. Semoga itu menjadikan saya dan juga kalian yang membaca tulisan saya menjadi lebih baik lagi. GOD SPEED!

Goodbye 2012, Welcome 2013
(and thank you for every lesson and memories)

Regards,
-A

No comments: